5 Makanan ini bikin tulang cepat keropos

Anda adalah apa yang Anda makan. Jadi, pastikan bahwa Anda selalu memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Untuk memiliki tulang yang kuat, Anda tidak hanya harus rajin olahraga, tetapi juga mengonsumsi makanan atau minuman tertentu yang menyuplai nutrisi untuk tulang. Supaya tulang tetap kuat, hindari makanan berikut karena mereka bisa membuat tulang cepat keropos, seperti dilansir di everydayhealth.com.

1.  Makanan tinggi sodium

Makanan yang kaya sodium tidak baik untuk kesehatan tulang. Mengapa? "Garam diketahui menyebabkan ekskresi kalsium yang berlebihan melalui ginjal," kata Felicia Cosman, MD, juru bicara medis untuk National Osteoporosis Foundation.

Untuk menjaga kesehatan tulang, Dr Cosman merekomendasikan kepada Anda untuk membatasi asupan garam dan mendapatkan setidaknya 1.200 miligram kalsium setiap hari.

2.  Makanan berpemanis

Suka makanan manis? Sebaiknya batasi asupan gula harian Anda. Bila tidak, itu akan berdampak buruk pada kekuatan tulang Anda nantinya. 

"Kelebihan gula dapat menghambat penyerapan kalsium dan akan menghabiskan fosfor, mineral lain yang penting dalam mendorong penyerapan kalsium," jelas Shawn Smith, RD, LDN, direktur program gizi di Old Colony Elder Services di Massachusetts.

Dokter menyarankan kepada Anda untuk mengonsumsi buah plum, cranberry, dan buah-buahan lain yang kaya antioksidan untuk mendukung kesehatan tulang.

3.   Soda

Apakah Anda seorang pecandu soda? Segera batasi konsumsi soda untuk menjaga kesehatan tulang Anda. "Minum tujuh atau lebih soda per minggu dikaitkan dengan penurunan kepadatan mineral tulang dan peningkatan risiko patah tulang," kata Cosman.

Hal itu dikarenakan soda mengandung asam fosfat, aditif makanan yang dapat melemahkan usus dan menghambat penyerapan kalsium.

4.  Makanan dan minuman berkafein

Kafein baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Namun jika itu dikonsumsi secara berlebihan, itu pasti akan berbahaya. 

"Kafein melarutkan kalsium dari tulang, serta melemahkan kekuatan tulang," kata Dina Khader, MS, RD, seorang konsultan nutrisi di Mount Kisco, New York. 

Dina juga menambahkan bahwa sekitar 6 miligram kalsium akan hilang untuk setiap 100 miligram kafein yang Anda telan. Dan ketika itu dikombinasikan dengan gula, kafein memiliki efek yang sangat merugikan pada kesehatan tulang.

5.  Alkohol

Apakah Anda seorang pecandu alkohol? "Konsumsi alkohol yang kronis berkontribusi pada penurunan massa tulang, penurunan pembentukan tulang, peningkatan insiden patah tulang, dan memperlambat penyembuhan keretakan," kata Dina Khader.

Untuk memaksimalkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, konsumsi alkohol harus dibatasi dalam jumlah sedang. Yang berarti tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria.

Inilah lima makanan yang bisa membuat tulang cepat keropos.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top