10 Negara dengan Lembaga Kepolisian Terkorup

Tindak korupsi pada polisi merupakan bentuk perilaku yang salah. Tindakan itu dapat berupa, penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, selektif dalam melakukan penangkapan atau penyelidikan, dan lain-lain. Bukan hal yang mustahil di seluruh dunia terdapat lembaga kepolisian yang banyak melakukan tindak korupsi.

Berikut Okezone ungkap 10 negara dengan lembaga kepolisian terkorup di dunia, seperti dilansir Wonderslist, Kamis (2/4/2015).

10. Polisi Pakistan

Polisi di Pakistan berada di urutan 10 dalam lembaga kepolisian terkorup di dunia. Banyak warga Pakistan meyakini bahwa lembaga kepolisian dalam Pemerintah Pakistan merupakan yang terkorup. Kasus pemerasan, suap, penangkapan yang salah, telah dilakukan lembaga Kepolisian Pakistan.

9. Polisi Rusia

Lembaga Kepolisian Rusia tidak asing dengan tindak korupsi. Dalam beberapa tahun terakhir, telah muncul fakta tentang korupsi dan kejahatan yang dilakukan oleh polisi Rusia. Kasus suap, pemerasan, menangkap warga yang tidak bersalah, pernah dilakukan polisi Rusia.

8. Polisi Sudan

Anggota Kepolisian Sudan dikenal sering memeras, dan menerima suap dari warganya. Polisi Sudan juga jarang mengajukan laporan atau menyelidiki kejahatan, dan sering menggunakan kekerasan dan pembalasan terhadap orang-orang yang mengeluh tentang pelanggaran yang dilakukan oleh mereka.

7. Polisi Afghanistan

Kepolisian Afghanistan dikenal suka memeras warganya. Mereka bahkan menyuruh warga sipil untuk membayar uang pembebasan jika ingin keluar dari penjara atau menghindari penangkapan.

6. Polisi Somalia

Kepolisian Somalia terkenal sebagai petugas polisi yang tidak efektif kerjanya. Banyak polisi Somalia yang terlibat dalam pemerasan, kasus suap, karena mereka tidak mendapatkan upah yang layak.

5. Polisi Irak

Kepolisian Irak banyak terlibat dalam kasus pemerasan, penyuapan, bahkan penculikan. Mereka telah terbukti tidak efektif dalam melindungi warga sipil di Irak.

4. Polisi Burma

Tindak korupsi di lembaga Kepolisian Burma dikenal sebagai hal yang biasa. Mereka terkenal gemar membuat tersangka membayarnya untuk dapat terhindar dari investigasi criminal.

3. Polisi Kenya

Kenya berada di urutan ketiga dalam lembaga kepolisian terkorup di dunia. Berdasarkan sebuah survei dari Transparency International, 92 persen warga sipil Kenya setuju bahwa polisi mereka banyak melakukan tindak korupsi selama satu tahun terakhir.

2. Polisi Meksiko

Kepolisian Meksiko berada di urutan kedua dalam lembaga kepolisian terkorup di dunia. Tingkat kriminal di Meksiko sebenarnya suah tinggi. Namun, kepolisian mereka yang banyak terlibat korupsi membuat hal itu semakin parah. Karena tidak dapat upah yang layak, mereka banyak mencari uang tambahan dengan menerima suap dan pemerasan.

1. Polisi Haiti

Haiti menjadi negara dengan lembaga kepolisian terkorup di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, Kepolisian Haiti telah melanggar berbagai Hak Asasi Manusia (HAM) seperti penculikan, membiarkan perdagangan narkoba, dan pemerasan. Mereka bahkan menolak untuk merespon kekerasan yang disebabkan kelompok radikal kepada warga Haiti.


Sumber : Okezone


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top