Tips Hilangkan Pestisida dari Buah & Sayuran

Untuk tahun ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memilih “Keamanan Makanan” sebagai tema Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada tanggal 7 April ini. Jadi tidak ada salahnya bila kita membahas tips dan trik untuk membuat makanan Anda aman dari bahaya pestisida.

Beberapa buah dan sayur yang Anda beli di supermarket lokal mengandung pestisida dengan derajat yang berbeda. Bahan kimia yang digunakan sebagai pestisida digunakan untuk membuat makanan dalam jumlah banyak terhindar dari pestisida dan perusak lainnya.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk membersihkan buah dan sayuran untuk menghindari kimia pestisida, seperti dibagikan oleh laman Healthmeup, Sabtu (4/4/2015).

Mencuci buah dan sayuran (Foto:Boldsky)
Maksimalkan kegiatan mencuci

Gunakan air hangat dalam wadah dan cuci buah dan sayur selama Anda mencuci tangan. Anda juga bisa menggunakan sabun yang khusus atau aman untuk mencuci makanan. Pastikan Anda membilasnya di air mengalir secara menyeluruh.

Blanching

Ini adalah proses pembersihan di mana buah atau sayuran dimasukkan ke dalam air mendidih sebentar, kemudian didinginkan ke dalam air es atau dicuci di bawah air dingin untuk menghentikan proses memasak. Selain memudahkan pengupasan kulit, proses ini juga membantu mengangkat zat kimia yang menempel pada buah atau sayuran.

Rendaman cuka

Buat larutan yang menggunakan 10 persen cuka putih dan 90 persen air untuk merendam buah dan sayuran Anda. Pastikan buah dan sayuran yang dicelupkan terbilas larutan tersebut, lalu bilas. Hati-hati dengan buah yang memiliki kulit tipis karena larutan bisa merusak kulitnya.

Mengupas

Cara efektif lainnya untuk mengangkat sisa pestisida adalah dengan mengupas kulit sayuran atau buah. Teknik ini disarankan untuk menghindari kemungkinan zat kimia pestisida yang tidak bisa dicuci masuk ke perut Anda.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top